Rabu, 25 November 2015

Materi Ulangan Lisan Sistem Operasi | X Multimedia 1 | SMK Negeri 2 Adiwerna

    Sedikit akan saya berikan materi ulangan lisan saya untuk mata pelajaran Sistem Operasi kelas X Multimedia. 




   A.  Macam-macam Malware
Malware singkatan dari Malicious Software adalah
program berbahaya dan tidak diinginkan, dapat merusak sistem operasi, menghambat kinerja komputer dan yang paling berbahaya bisa mencuri informasi seperti password dan nomer kartu kredit kita.
          Berikut ini adalah pengertian dari beberapa jenis malware.
1.    Virus Komputer
Virus komputer adalah jenis malware yang menyerang file eksekusi (.exe) dan menggandakan diri ketike file .exe yang terinfeksi dijalankan. Virus Komputer menyebar dengan cara menyisipkan program dirinya pada program atau dokumen yang ada dalam komputer.
2.    Worm
Worm adalah sebuah program komputer yang dapat
menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.
     Worm memanfaatkan celah yang memang terbuka atau lebih dikenal dengan sebutan vulnerealbility.
3.    Spyware
Spyware adalah program yang bertindak sebagai mata-mata untuk mengetahui kebiasaan pengguna komputer dan mengirimkan informasi tersebut ke pihak lain. Spyware biasanya digunakan oleh pihak pemasang iklan.

4.    Adware
Adware adalah sebuah iklan yang dipasang secara tersembunyi oleh pembuat program, biasanya pada program yang bersifat freeware untuk tujuan promosi atau iklan.
5.    Trojan
Trojan atau Trojan Hourse adalh program yang diam-diam masuk ke komputer kita, kemudian memfasilitasi program lain misalnya virus, spyware, adware. Keylogger dan malware lainnya untuk masuk, merusak sistem, memungkinkan orang lain meremote komputer dan mencuri informasi seperti password dan nomor kartu kredit kita.
6.    Keylogger
Keylogger adalah sebuah program yang dapat memantau penekanan tombol pada keyboard, sehingga orang lain dapat mengetahui password dan informasi apapun yang kita ketik.
7.    Rootkit
Rootkit adalah program yang menyusup kedalam sistem komputer, bersembunyi dengan menyamar sebagai bagian dari system (misalnya menempel pada pacth, keygen, crack dan game), kemudian mengambil alih, memantau kerja sistem yang disusupinya.
Rootkit dapat mencuri data yang lalu-lalang dijaringan, melakukan keylogging, mencuri cookies akun bank dan lain-lain.
8.    Phishing
Phishing adalah suatu bentuk penipuan untuk memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password, ATM, kartu kredit dan sebagainya melalui e-mail atau website palsu yang tampak asli.


   B. Cara Menghindari Malware dan Mengatasinya
Berikut ini adalah tips mencegah atau menghindari malware diperangkat Anda.
1.         Usahakan selalu update atau perbaharuan terhadap perangkat dan aplikasi anda,  seperti sistem operasi, aplikasi/software, antivirus serta browser yang merupakan alur masuknya malware.
2.         Pasang Antivirus dan Internet Security yang bagus diperangkat anda, misalnya seperti Norton, Avast dan lain-lain.
3.         Hindari menggunakan atau mendownload jenis aplikasi atau jenis program lainnya yang merupakan hasil crack(bajakan), apalagi dari situs yang tidak jelas kredibilitasnya.
4.         Hindari membuka atau menelusuri situs atau halaman yang tidak jelas dan memiliki reputasi buruk seperti situs bajakan, keygen, dewasa dan sebagainya.
5.         Downloadlah aplikasi atau jenis file lainnya dari situs yang terpercaya dan hindari asal mendownload melalui file hosting seperti mediafire dll yang tidak jelas penguploadannya.
6.         Dalam membuat password untuk akun penting anda di Internet seperti e-mail, usahakan menggunakan kombinasi yang sulit dengan komposisi huruf, angka dan kode lainnya seperti !,@,&,* atau lainnya.
7.         Setiap mendapat email hindari membuka email yang tidak jelas, terutama email dengan format .exe.
8.         Pasang software anti malware seperti HijackThis, Adware, McAfee site advisor dan sebagainya yang sangat terbukti dalam mencegah, menghindari serta mengatasi malware.
9.         Bersihkan temporary file internet, cookies dsb yang bisa saja merupakan tempat terjangkitnya malware pada perangkat kita.

    C. Software pelindung Microsoft Windows
Berikut ini adalah beberapa software antivirus yang sangat disarankan untuk dipasang diperangkat Anda.
1.    Avira Antivirus
Avira, software ini sangat baik dalam melindungi komputer dari serangan virus dan program jahat.
2.    Avast Antivirus
Avast, software ini sangat penting dan sangat baik dalam melindungi komputer dari serangan berbagai virus, perlindungan yang disediakan juga bisa melindungi komputer saat terkoneksi internet maupun tidak tersambung dengan internet.
3.    Smadav
Smadav, software ini sangat baik melindungi komputer dari serangan virus lokal dan sangat terjangkau untuk versi pronya.
4.    Malwarebyte
Malwarebyte, software ini merupakan software yang mirip dengan antivirus namun kegunaannya hanya melindungi komputer dari serangan malware.
5.    Norton Antivirus
Norton, antivirus ini memiliki kinerja yang sangat baik untuk melindungi komputer yang terkoneksi internet.
6.    Ccleaner
Ccleaner, software ini dapat membersihkan file, dokumen sampah yang disebabkan oleh aktifitas virus yang membuat kinerja komputer lambat
7.    Defragment

Defragment, aplikasi bawaan windows ini dapat melindungi komputer dari kerusakan data yang disebabkan oleh virus karena berfungsi untuk merapikan file-file, data, aplikasi yang terdapat pada hardisk.


Mungkin hanya ini yang bisa saya informasikan, ini hanya garis besarnya saja. Ada pertanyaan dari guru yang dikembangkan dari materi diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Disqus Shortname

Comments system